Desa Gantarang

Kec. Sinjai Tengah, Kab. Sinjai
Prov. Sulawesi Selatan

Loading

Desa Gantarang

Perayaan

Hari Guru

  • Hari
  • Jam
  • Menit
  • Detik
Info
Mohon maaf untuk sementara Sistem Informasi Desa Kami masih dalam Proses Penyempurnaan Telepon Penting Kode Area Sinjai : 0482 Polisi : 21110 PMK : 2425438 RSUD : 21132 Emergency 118 : 23116 RadioSB : 22066 SinjaiTV : 22888 AWS : 21432 PLN : 21018 PDAM : 21200 Telkom : 2424200 PolPP : 23305 Kodim : 21025 / 21026

Berita Desa

Komentar Terbaru

 

PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI DESA

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Desa (PPID Desa) adalah pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan Informasi Publik Desa. PPID Desa ditunjuk oleh Kepala Desa dan ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Desa.

Dasar Hukum PPID Desa adalah :

  1. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik
  2. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar Layanan Informasi Publik
  3. Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2017 tentang Pengklasifikasian Informasi Publik
  4. Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2018 tentang Standar Layanan Informasi Publik Desa

Tugas, Tanggung Jawab, dan Wewenang PPID Desa, yaitu :

  1. PPID Desa bertanggung jawab mengkoordinasikan penyimpanan dan pendokumentasian seluruh Informasi Publik Desa yang berada di Badan Publik Desa.
  2. PPID Desa dapat berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten dalam hal pengelolaan seluruh Informasi Publik Desa.
  3. Dalam rangka tanggung jawab sebagaimana dimaksud pada angka 1, PPID bertugas mengkoordinasikan pengumpulan seluruh Informasi Publik Desa secara fisik dari setiap Badan Publik Desa yang meliputi:
    1. Informasi Publik Desa yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala;
    2. Informasi Publik Desa yang wajib tersedia setiap saat; dan
    3. Informasi terbuka lainnya yang diminta Pemohon Informasi Publik.
  4. Dalam rangka tanggung jawab sebagaimana dimaksud pada angka 1, PPID bertugas mengkoordinasikan pendataan Informasi Publik Desa yang dikuasai oleh setiap Badan Publik Desa untuk pembuatan dan pemutakhiran Daftar Informasi Publik Desa setelah dimutakhirkan oleh pimpinan masing-masing Badan Publik Desa paling sedikit 1 (satu) kali dalam sebulan.
  5. Penyimpanan Informasi Publik Desa sebagaimana dimaksud pada angka 1 dan angka 2 dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang kearsipan.
  6. PPID Desa bertanggung jawab mengkoordinasikan penyediaan dan pelayanan seluruh Informasi Publik Desa di bawah penguasaan Badan Publik Desa yang dapat diakses oleh publik.
  7. Dalam rangka tanggung jawab sebagaimana dimaksud pada angka 1, PPID Desa bertugas mengkoordinasikan penyediaan dan pelayanan Informasi Publik Desa melalui pengumuman dan/atau permohonan.
  8. Dalam hal kewajiban mengumumkan Informasi Publik, PPID bertugas untuk mengkoordinasikan:
    1. Pengumuman Informasi Publik Desa melalui media yang secara efektif dapat menjangkau seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat; dan
    2. Penyampaian Informasi Publik Desa dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, mudah dipahami serta mempertimbangkan penggunaan bahasa dan cara yang digunakan oleh penduduk setempat.
  9. Dalam hal adanya permohonan Informasi Publik Desa, PPID Desa bertugas:
    1. Memberikan Informasi Publik Desa yang dapat diakses oleh publik setelah berkoordinasi dengan Badan Publik Desa;
    2. Melakukan pengujian tentang konsekuensi yang timbul sebagaimana diatur dalam Pasal 19 Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik sebelum menyatakan Informasi Publik tertentu dikecualikan;
    3. Menyertakan alasan tertulis pengecualian Informasi Publik secara jelas dan tegas, dalam hal permohonan Informasi Publik ditolak; dan
    4. Menghitamkan atau mengaburkan Informasi Publik yang dikecualikan beserta alasannya.
  10. Dalam hal terdapat keberatan atas penyediaan dan pelayanan Informasi Publik Desa, PPID Desa melakukan koordinasi dengan Atasan PPID Desa.
  11. Dalam hal menyusun laporan dan evaluasi layanan informasi publik Desa, PPID Desa melakukan rekapitulasi jumlah permohonan informasi publik, jumlah permohonan informasi yang dikabulkan dan ditolak, jumlah keberatan, dan jumlah sengketa informasi.
  12. Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, PPID Desa berwenang:
    1. Mengkoordinasikan setiap Badan Publik Desa dalam melaksanakan Pelayanan Informasi Publik;
    2. Memutuskan suatu Informasi Publik dapat diakses publik atau tidak berdasarkan pengujian tentang konsekuensi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7;
    3. Menolak permohonan Informasi Publik secara tertulis apabila Informasi Publik yang dimohon termasuk informasi yang dikecualikan/rahasia dengan disertai alasan serta pemberitahuan tentang hak dan tata cara bagi pemohon untuk mengajukan keberatan atas penolakan tersebut; dan
    4. Menugaskan pejabat fungsional dan/atau petugas informasi di bawah wewenang dan koordinasinya untuk membuat, memelihara, dan/atau memutakhirkan Daftar Informasi Publik secara berkala paling sedikit 1 (satu) kali dalam sebulan dalam hal Badan Publik memiliki pejabat fungsional dan/atau petugas informasi.

Jenis-jenis Informasi Publik Desa, yaitu :

  1. Informasi Publik Desa yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala adalah informasi publik Desa yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala oleh PPID Desa melalui media informasi yang dimiliki Desa tanpa adanya permohonan Informasi.
  2. Informasi Publik Desa yang Wajib Diumumkan Secara Serta Merta adalah informasi publik Desa yang dapat mengancam hajat hidup orang banyak dan ketertiban umum yang wajib diumumkan secara luas kepada masyarakat Desa melalui media informasi yang dimiliki Desa.
  3. Informasi Publik Desa Tersedia Setiap Saat adalah informasi publik Desa yang wajib disedikan Pemerintahan Desa dan diberikan melalui pengajuan permohonan informasi publik Desa.

Informasi yang dikecualikan adalah informasi yang dikecualikan dengan Keputusan PPID Desa sebagaimana dimaksud pada  ketentuan dalam Pasal 17 Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Beri Komentar

CAPTCHA Image

Desa

992

LAKI-LAKI

LAKI-LAKI992penduduk

884

PEREMPUAN

PEREMPUAN884penduduk

1.876

TOTAL

TOTAL1.876penduduk

Layanan
Mandiri

Hubungi Pemerintah Desa untuk mendapatkan PIN

Pemerintah Desa

Kepala Desa

INSAN

Tidak Ada di Kantor

Sekretaris Desa

I R W A N

Tidak Ada di Kantor

Kepala Seksi Pemerintah

NURHAYATI

Tidak Ada di Kantor

Kasi Pelayanan

RESKI ASTUTI

Tidak Ada di Kantor

Kaur Umum

ROSLINA, Sp

Tidak Ada di Kantor

Kaur Perencanaan

JULMAN

Tidak Ada di Kantor

Kaur Keuangan

ISHAQ, SPD.I

Tidak Ada di Kantor

Kepala Dusun Barue

BUNGKUSI

Tidak Ada di Kantor

Staf

ERNI.C

Tidak Ada di Kantor

Kepala Dusun Mattirowalie

IRFANDI

Tidak Ada di Kantor

Kepala Dusun Bontolaisa

SYAMSIR

Tidak Ada di Kantor

Kepala Seksi Kesejahteraan

Muhammad Aqsa

Tidak Ada di Kantor

PERKEMBANGAN PENDUDUK

Bulan Ini

Kelahiran

0

Orang

Kematian

0

Orang

Masuk

0

Orang

Pindah

0

Orang

Bulan Lalu

Kelahiran

0

Orang

Kematian

0

Orang

Masuk

0

Orang

Pindah

0

Orang

LAYANAN SURAT PENGANTAR

Hari Ini

0

Surat

Kemarin

0

Surat

Minggu Ini

0

Surat

Bulan Ini

0

Surat

Bulan Lalu

0

Surat

Tahun Ini

0

Surat

Tahun Lalu

0

Surat

Total

0

Surat

Agenda

Terdahulu

MUSYAWARAH DUSUN TAHAPAN PENYUSUNAN RPJMDESA 2023-2029

Tgl : 04 Februari 2024 13:50:09
Tempat : Masjid Nurwahyu
Koordinator : Irwan

Terdahulu

MUSYAWARAH DUSUN TAHAPAN PENYUSUNAN RPJMDESA 2023-2029

Tgl : 04 Februari 2024 13:50:09
Tempat : Masjid Jannatunnaim Dusun Barue
Koordinator : Irwan

Terdahulu

MUSYAWARAH DUSUN TAHAPAN PENYUSUNAN RPJMDESA 2023-2029

Tgl : 04 Februari 2024 13:50:09
Tempat : Masjid Nurul Jihad Bontolaisa
Koordinator : Irwan

Terdahulu

PEMBAHASAN APBDesa TAHUN ANGGARAN 2024

Tgl : 04 Februari 2024 13:50:09
Tempat : Aula Kantor Desa Gantarang
Koordinator : Sekertaris BPD Desa Gantarang

Terdahulu

SOSIALISASI FGD PROGRAM

Tgl : 21 September 2024 15:45:51
Tempat : Aula Kantor Desa Gantarang
Koordinator : KASOBANGSA UIM MAKASSAR

Terdahulu

PEMBAHASAN PERUBAHAN KE DUA APBDESA

Tgl : 25 September 2024 08:09:18
Tempat : Aula Kantor Desa Gantarang
Koordinator : Irwan
Statistik Pengunjung
Hari ini : 469
Kemarin : 594
Total Pengunjung : 659.625
Sistem Operasi : Unknown Platform
IP Address : 3.144.4.54
Browser : Mozilla 5.0
Komentar
Jam Kerja
Hari Masuk Keluar
Senin 08:00:00 16:00:00
Selasa 08:00:00 16:00:00
Rabu 08:00:00 16:00:00
Kamis 08:00:00 16:00:00
Jumat 08:00:00 16:00:00
Sabtu Libur
Minggu Libur
Agenda

Terdahulu

MUSYAWARAH DUSUN TAHAPAN PENYUSUNAN RPJMDESA 2023-2029

Tgl : 04 Februari 2024 13:50:09
Tempat : Masjid Nurwahyu
Koordinator : Irwan

Terdahulu

MUSYAWARAH DUSUN TAHAPAN PENYUSUNAN RPJMDESA 2023-2029

Tgl : 04 Februari 2024 13:50:09
Tempat : Masjid Jannatunnaim Dusun Barue
Koordinator : Irwan

Terdahulu

MUSYAWARAH DUSUN TAHAPAN PENYUSUNAN RPJMDESA 2023-2029

Tgl : 04 Februari 2024 13:50:09
Tempat : Masjid Nurul Jihad Bontolaisa
Koordinator : Irwan

Terdahulu

PEMBAHASAN APBDesa TAHUN ANGGARAN 2024

Tgl : 04 Februari 2024 13:50:09
Tempat : Aula Kantor Desa Gantarang
Koordinator : Sekertaris BPD Desa Gantarang

Terdahulu

SOSIALISASI FGD PROGRAM

Tgl : 21 September 2024 15:45:51
Tempat : Aula Kantor Desa Gantarang
Koordinator : KASOBANGSA UIM MAKASSAR

Terdahulu

PEMBAHASAN PERUBAHAN KE DUA APBDESA

Tgl : 25 September 2024 08:09:18
Tempat : Aula Kantor Desa Gantarang
Koordinator : Irwan
Statistik Pengunjung
Hari ini : 469
Kemarin : 594
Total Pengunjung : 659.625
Sistem Operasi : Unknown Platform
IP Address : 3.144.4.54
Browser : Mozilla 5.0
Komentar
Jam Kerja
Hari Masuk Keluar
Senin 08:00:00 16:00:00
Selasa 08:00:00 16:00:00
Rabu 08:00:00 16:00:00
Kamis 08:00:00 16:00:00
Jumat 08:00:00 16:00:00
Sabtu Libur
Minggu Libur

Transparansi Anggaran

APBDesa 2024 Pelaksanaan

Pendapatan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 1.587.380.183,00Rp. 2.030.110.764,00

78.19%

Belanja Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 1.273.452.589,00Rp. 2.060.205.712,32

61.81%

Pembiayaan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 30.094.948,32Rp. 30.094.948,32

100%

APBDesa 2024 Pendapatan

Hasil Usaha Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 4.662.500,00Rp. 4.662.500,00

100%

Dana Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 824.956.000,00Rp. 969.472.000,00

85.09%

Bagi Hasil Pajak Dan Retribusi

Realisasi | Anggaran

Rp. 36.914.195,00Rp. 40.257.142,00

91.7%

Alokasi Dana Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 718.536.566,00Rp. 1.012.719.122,00

70.95%

Bunga Bank

Realisasi | Anggaran

Rp. 2.310.922,00Rp. 3.000.000,00

77.03%

APBDesa 2024 Pembelanjaan

Bidang Penyelenggaran Pemerintahan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 566.101.589,00Rp. 860.210.211,00

65.81%

Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 403.428.500,00Rp. 718.024.981,30

56.19%

Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 29.710.000,00Rp. 143.223.138,02

20.74%

Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 213.990.000,00Rp. 254.589.882,00

84.05%

Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat Dan Mendesak Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 60.222.500,00Rp. 84.157.500,00

71.56%
Pemerintah Desa

INSAN

Kepala Desa


Tidak Ada di Kantor

I R W A N

Sekretaris Desa
Tidak Ada di Kantor

NURHAYATI

Kepala Seksi Pemerintah
Tidak Ada di Kantor

RESKI ASTUTI

Kasi Pelayanan
Tidak Ada di Kantor

ROSLINA, Sp

Kaur Umum
Tidak Ada di Kantor

JULMAN

Kaur Perencanaan
Tidak Ada di Kantor

ISHAQ, SPD.I

Kaur Keuangan
Tidak Ada di Kantor

BUNGKUSI

Kepala Dusun Barue
Tidak Ada di Kantor

ERNI.C

Staf
Tidak Ada di Kantor

IRFANDI

Kepala Dusun Mattirowalie
Tidak Ada di Kantor

SYAMSIR

Kepala Dusun Bontolaisa
Tidak Ada di Kantor

Muhammad Aqsa

Kepala Seksi Kesejahteraan
Tidak Ada di Kantor